top of page
Search
  • PPLH

SOSIALISASI / PENYULUHAN KEPADA SDS DAN SMPS BUMITAMA METRO KENDAWANGAN

Midya Lesmana, ST,MT


Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ketapang mendapat Undangan Dari SDS Bumitama Metro Kendawangan Dan SMPS Bumitama Metro Kendawangan sebagai Narasumber Sosialisasi/Penyuluhan dalam Pembuatan minyak Sereh pada Tanaman Toga Pada Tanggal 28 Juli s/d 30 Juli 2020.

Maksud dan Tujuan dari Kegiatan ini adalah :

Maksudnya adalah untuk Membantu untuk melakukan Percobaan dan Memberi gambaran/masukkan kepada Peserta Adiwiyata tentang Pengolahan Potensi Tanaman Toga yaitu Tanaman Sereh dapat dijadikan Minyak Sereh.


Tujuannya adalah untuk melakukan Penjelaskan, Mengarahkan dan Praktek Langsung tentang Cara Pengolahan Minyak Sereh, antara lain :

1. Mengajak Peserta Adiwiyata tentang Bagaimana Cara Pembuatan Minyak Sereh dan menimbulkan Inovasi baru.

2. Mengajak Peserta untuk beragumen terhadap Perlakuan Hasil Praktek Langsung Pembuatan Minyak Sereh.

3. Mengajak Peserta untuk mengembangan Inovasi dan Kreativitas terhadap Potensi Tanaman Sereh.

4. Mengajak Peserta untuk membuat Pengembangan yang lain dari Hasil Praktek guna mendapat Point Penilaian Adiwiyata Selanjutnya.


Narasumber didalam Presentasi menjelaskan tentang Pengertian Potensi Tanaman Sereh, Jenis Tanaman Sereh, Pengertian Minyak Sereh, Manfaat Minyak Sereh dan melakukan Percobaan Langsung dengan menggunakan alat-alat destilasi sederhana kemudian di buka Diskusi dan Tanya Jawab terhadap Materi tersebut.

Pada saat itu team dari Dinas bersama Guru-guru / Peserta Adiwiyata melakukan Uji Coba atau Praktek Langsung Pengolahan Tanaman Sereh menjadi Minyak Sereh. Setelah mendapat Hasil dari Praktek Langsung oleh guru guru SDS dan SMPS Bumitama Metro Kendawangan yang di bimbing/diarahkan oleh Team dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ketapang, maka di buka lagi Diskusi, Tanya Jawab dan Pembahasan.

Pihak SDS dan SMPS Bumitama Metro Kendawangan sangat antusias dengan diadakan Kegiatan ini. Dan berharap ada Kegiatan Sosialisasi/Bimtek yang bertujuan mengajak sama-sama bahu membahu dalam Pengelolaan yang lain seperti Kegiatan ini.

13 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page