top of page
Search
  • PPLH

PERENCANAAN DESA KUALA SATONG KECAMATAN MATAN HILIR UTARA MENJADI DAERAH WISATA ALAM

Midya Lesmana, ST,MT


Desa Kuala Satong terletak di Kecamatan Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang. Yang mempunyai keluasan wilayah 61,44 Km2 dengan jumlah penduduk ± 2.217 Penduduk. Desa Kuala Satong akan dijadikan Desa Wisata Alam.

Syakrani. R. adalah warga desa tersebut sebagai Pengagas dan Perintis Lingkungan. Beliau merubah lahan milik Pribadi seluas 7.000 m2 dan beberapa lahan milik masyarakat yang bernaung dalam kelompok sadar lingkungan menjadi daerah Wisata Alam, dengan kegiatan didalamnya antara lain :

1. Pembibitan dan Penanaman Tanaman Mangrove. Sistem Penanaman dengan melakukan tambal sulam.

2. Pembibitan dan Penanaman Tanaman/Pohon Palem dan Tanaman/Pohon Santos Lemon sebagai tanaman sumber makanan lebah kelulut.

3. Pembibitan dan Penanaman Jeruk Madu dan Jeruk Madu Susu.

4. Pembibitan dan Penanaman Tanaman/Pohon Sawo.

5. Lokasi Pertanian Hortikultura dan Danau Buatan

6. Budidaya lebah madu kelulut

7. Budidaya perikanan bawal dan nila.

8. Budidaya Kepiting Soka.

9. Wisata Alam yaitu Perencanaan Permainan Selancar Kerang, Bebek Engkol dan Penyewaan Kapal Nelayan menuju Pulau Sempadi.


Perintisan dan Perencanaan Pembuatan Daerah Wisata Alam masih dalam penataan yang masih memerlukan uluran tangan dari pihak Instasi Terkait dan Investor-investor Peduli Lingkungan.

Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan telah mendaftarkan Syakrani. R sebagai Perintis Lingkungan dalam Program Kalpataru.

Dan melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (P2LH) Sauni, SH atas Perintah Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ketapang H. Dennery, ST, MT memerintahkan Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas dan Lingkungan Midya Lesmana,ST, MT untuk Turun bersama Staf Personel yang lain untuk melakukan Kegiatan Monitoring dan Pembinaan Calon Penerima Kalpataru dan dengan hasil antara lain :

1. Perlu dikembangkan Inovasi dan Kreativitas yang bertujuan Pemnafaatan Sumber Daya Alam menjadi daerah yang berpotensi. Seperti : Inovasi pembuatan Air Garam menjadi Energi Listrik dll.

2. Perlu di fikirkan tentang dampak limbah yang akan terjadi dan cara penanggulangan/pemanfaatannya.

3. Perlu adanya Sosialisasi dan Bimbingan teknis pembuatan Teknologi Tepat Guna yang sederhana dan murah. Murah bukan berarti murahan.

Dengan Terbentuknya Daerah Wisata Alam di Desa Kuala Satong Kecamatan Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang nantinya berarti Adanya Peningkatan Kesejahteraan Desa/Masyarakat dan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Hal ini dapat menjadi daerah percontohan bagi desa-desa dan Kecamatan-kecamatan lainnya.

149 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page