top of page
Search
  • PPLH

OPINI SELAMATKAN DESA KAMI DALAM PRESPEKTIF LINGKUNGAN HIDUP DI KECAMATAN MATAN HILIR SELATAN.

Midya Lesmana, ST,MT


Desa Harapan Baru dan Desa Pesaguan Kanan adalah dua Desa yang terletak di Kecamatan Matan Hilir Selatan. Kondisi mangrove didesa Harapan Baru dan desa Pesaguan Kanan telah mengalami kerusakan yang parah karena abrasi. Bahkan, ketika hujan, seringkali desa saya mengalami banjir. Pada tahun 1990an, kita masih bisa berjalan di pesisir pantainya, sejak kehilangan 200 meter bibir pantai, kini daratannya langsung berbatasan oleh air laut.

Abrasi ini juga membuat keadaan flora dan fauna di sana terancam dan kehilangan tempat tinggalnya. Penyebab utama abrasi ini adalah berkurangnya tanaman penahan abrasi di bibir pantai maupun di daratan pantai akibat penebangan yang dilakukan oleh masyarakat untuk dijadikan kayu bakar dll.

Pada Awal Tahun 2018 Kelompok Mangrove Bentang Pesisir telah melakukan Penanaman 1.000 batang pada areal pesisir pantai di Desa Pesaguan Kanan. Tetapi pada Tahun 2020 ternyata tanaman mangrove mengalami kerusakan yang sangat parah setelah terkena gelombang yang sangat tinggi.

Sedangkan Desa Harapan juga telah mengalami kerusakan yang parah karena abrasi.


Kondisi Tahun 2020 Pesisir Desa Harapan Baru Kecamatan Matan Hilir Selatan yang berbatasan langsung dengan laut.






Kondisi Tahun 2020 Pesisir Desa Pesaguan Kanan Kecamatan Matan Hilir Selatan yang berbatasan langsung dengan laut.






Selain abrasi, masalah lainnya adalah hilangnya terumbu karang dilautan akibat para nelayan yang hampir setiap hari mencari ikan dengan menggunakan pukat trol/pukat macan, meracun ikan, hal ini dapat membuat tanah maupun pasir pantai menjadi rapuh dan mudah mengalami erosi. Akibat nya masyarakat terutama para nelayan sulit mendapatkan ikan,udang maupun kepiting.


Hutan mangrove di pesisir pantai tersebut merupakan tiang utama untuk melindungi penduduk desa dari bencana alam yang tidak tahu kapan datangnya. Selain itu, dengan adanya hutan mangrove, populasi binatang laut pun juga akan meningkat. Oleh karena itu penanaman kembali di areal tersebut perlu dilakukan dalam membantu mengurangi abrasi pantai dan mempertahankan kehidupan flora dan faunanya.



7 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page