top of page
Search
  • PPLH

AIR QUALITY MONITOR (AQM) PORTABEL


Salah satu alat pemantauan kualitas udara yang dimiliki Laboratorium Lingkungan Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Ketapang adalah Air Quality Monitor Portabel yang dapat ditempatkan pada suatu wilayah atua area tertentu berdasarkan kebutuhan pengukuran udara yang akan dilakukan pemantauan. Saat ini telah tersedia alat Air Quality Monitor yang bersifat portabel atau dapat dipindahkan kelain lokasi sesuai dengan daerah yang akan dilakukan pengukuran. Alat Air Quality Monitor ini sudah dirancang untuk mampu mengirimkan data dari fix station secara periodik ke server melalui jaringan GSM, wirelessatau koneksi internet disesuaikan dengan ketersadian sarana infrastruktur diderah tersebut. Data dari setiap lokasi dapat dihimpun dalam sebuah server dan disimpan dalam basis data.

Alat Air Quality Monitor yang dimiliki mempunyai kemampuan untuk mengukur aspek metrologis (kecepatan angin, arah angin, tekanan udara, curah hujan, intensitas radiasi matahari) juga mengukur kelembaban dan temperatur udara ambien. Dan juga mampu mengukur gas ambien yaitu CO, NO2, SO2, O3, dan HC.

Dengan sensor berbasiskan teknologi electrochemical yang sangat baik untuk sensitivitas dan repeatibilitas menjadi akurasi alat yang semankin baik. Protokol komunikasi data menggunakan jaringan GSM/GPRS yang jangkauannya sangat luas di Indonesia ini membuat pengirimana sinyal yang stabil. Kestabilan pengiriman data ini mutlak sangan diperlukan untuk penolahan data yang bersifat real time.

Alat Air Quality Monitor ini adalah hasil karya anak bangsa Indonesia dan ini salah satu wujud nyata kami dalam rangka ikut berpartisipasi dalam menjadikan lingkungan di Indonesia ini menjadi lebih baik.

Peruntukan alat Air Quality Monitor dapat digunakan dalam melaksanakan Pemantauan lingkungan khususnya kualitas udara menjadi konsekuensi bagi perusahaan dan kegiatan yang mengemisikan pencemar udara. Pemantauan kualitas udara meliputi udara emisi dan udara ambien diperlukan untuk pemenuhan peraturan (pemantaun rutin-abnormal-darurat, AMDAL/UKL-UPL, PROPER, dll) dan memprediksi dampak pencemaran emisi udara ke lingkungan. Dalam hal sampling dan pengukuran ini peran dari Laboratorium Lingkungan Pemerintah (BLH, Bapedalda) dan Swasta sangat penting.

Tujuan Spesifik dari pemantauan kualitas udara antara lain untuk:

1. Data pemenuhan baku mutu

2. Evaluasi kinerja alat pengendali pencemaran udara

3. Pengendalian proses

4. Pembuktian dalam proses hukum

5. Penelitian, dll

Perusahaan dan kegiatan harus melakukan pemantauan secara manual dalam periode waktu yang ditentukan oleh peraturan, disamping itu berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup no. 13 tahun 1995, 4 jenis industri wajib memantau dengan CEMS (Continuous Emission Monitoring System) yaitu: Industri Besi dan Baja, Industri Pulp dan Kertas, Pembangkit Listrik (PLTU) Berbahan Bakar Batubara dan Industri Semen. Selain itu CEMS dan pemantauan manual juga diwajibkan untuk pembangkit Listrik Tenaga Termal dengan kapasitas diatas 25 MW (Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 21 Tahun 2008).

Agar hasil pemantauan kualitas udara -baik yang dilakukan oleh pihak eksternal (laboratorium terakreditasi) maupun internal oleh perusahaan- tersebut dapat dipertanggungjawabkan objektivitas dan validasinya maka pemantauan haruslah memperhatikan hal-hal berikut:

1. Kaidah pemantauan

2. Baku mutu kualitas udara

3. Sampling (prosedur, teknik, lokasi pengambilan dan penanganan)

4. Satuan-satuan dalam pemantauan, Dll

Hasil pemantauan seperti inilah yang dapat digunakan untuk melihat kepatuhan (compliance) antara kinerja pengelolaan kualitas udara perusahaan dengan peraturan yang berlaku dan untuk mengukur kinerja program pengendalian pencemaran udara, sehingga dapat ditentukan tindak lanjut dan perbaikan yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Untuk itu diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki pemahaman dan kemampuan untuk pengelolaan dan pemantauan kualitas udara di perusahaan dan juga Laboratorium Lingkungan Pemerintah (BLH, Bapedalda) dan Swasta.


85 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page